Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : .... / I (satu)
Jenis
Teks : Teks Fungsional
Pendek
Tema : Family Life
Aspek / Skill : 6.1. Menulis
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Standar
Kompetensi : 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi
Dasar : 6.1. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator :
·
Menyebutkan kosakata
·
Menulis kalimat sederhana
·
Menulis teks fungsional pendek tentang Family Life
1. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
a. Menyebutkan
kata-kata sesuai dengan tema / materi
b. Melengkapi
teks fungsional pendek
c. Menulis
teks fungsional pendek
2. Materi
Pembelajaran
a.
Menuliskan dan menyebutkan kosakata tentang Family
Life
- Family
- Father
- Mother
- Brother
- Housewife
- Work
- Age
b.
Menuliskan kalimat tentang Family Life
-
My father work at the office
- He has black hair
c.
Menulis paragraf tentang Family Life sesuai media gambar
Contoh:
This is my family. I
have father, mother and little brother. My father has brown hair. He is 35
years old. He works at the office. Beside him is my mother. She is 29 years
old. She is a beautiful woman. I have a little brother. his name is Jack. He is
very cute.
3. Metode / Teknik : three phase techniques
4. Langkah-Langkah
:
a. Kegiatan Awal/ Pembukaan (Opening Activities)
1. Siswa merespon salam guru
2. Siswa merespon guru mencek kehadiran
3. Guru memberikan small chat atau review
pelajaran yang lalu
b. Kegiatan Inti (Main Activities)
1.
Menuliskan dan menjelaskan kosakata dalam keluarga
2.
Membuat frase, kalimat sesuai dengan
materi
3. Membahas
kata sulit
4. Membahas
struktur paragraf
5. Menulis
teks fungsional pendek
tentang keluarga
c. Kegiatan Akhir/ Penutup (Closing Activity)
1. Menanyakan kesulitan
siswa dalam memahami teks
2. Menyimpulkan materi
pembelajaran
3. Menugaskan
siswa untuk menggunakan kata-kata yang sering digunakan dalam teks fungsional
pendek.
5. Sumber Belajar
ü
Buku teks yang relevan
ü Gambar
6. Penilaian
a.
Teknik : - Menulis kata-kata sesuai tema
- Menulis paragraf sesuai gambar
b. Bentuk : Tertulis
c. Instrumen :
I. Write down the vocabularies about Family Life!
1.
......
2.
......
3.
......
4.
......
5.
......
II. Write down the sentences about
your family!
1.
......................................................
2.
......................................................
3.
......................................................
4.
......................................................
5.
......................................................
III. Write down a paragraph about your family!
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
d. Pedoman Penilaian
1.
Untuk nomor I, tiap kata yang
benar diberi skor 1
2.
Untuk nomor II, tiap kalimat yang benar diberi skor 2
3.
Untuk nomor III, diberi skor 10
3.
Jumlah skor maksimal I 1 x 5 = 5
II 2 x 5 = 10
III 1x10=10
Jumlah 25
4.
Nilai maksimal = 10
5.
Nilai siswa = SkorPerolehan x 10
SkorMaksimal
e.
Rubrik
Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
I
|
Isi benar, tata bahasa benar
|
3
|
|
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
|
2
|
|
Isi & tata bahasa kurang tepat
|
1
|
|
Tidak menjawab
|
0
|
II
|
Setiap jawaban yang benar
|
2
|
|
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
|
0
|
Mengetahui, Serang,
Juli 2013
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Inggris
.............................. Ovi Sovina Ekawati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar