Minggu, 07 Juli 2013

RPP Guru Bahasa Inggris

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah                       :    
Mata Pelajaran          :     Bahasa Inggris
Kelas / Semester        :     .... / I (satu)
Jenis Teks                  :     Teks Fungsional Pendek
Tema                          :     Family Life
Aspek / Skill               :     6.1.  Menulis
Alokasi Waktu           :     1 x 45 menit




Standar Kompetensi :     6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional
pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

Kompetensi Dasar     :    6.1. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator                    :   
·        Menyebutkan kosakata
·        Menulis kalimat sederhana
·        Menulis teks fungsional pendek tentang Family Life

1.   Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.    Menyebutkan kata-kata sesuai dengan tema / materi
b.    Melengkapi teks fungsional pendek
c.    Menulis teks fungsional pendek

2.   Materi Pembelajaran
a.       Menuliskan dan menyebutkan kosakata tentang Family Life

-       Family
-       Father
-       Mother
-       Brother
-       Housewife
-       Work
-       Age

b.      Menuliskan kalimat tentang Family Life
-       My father work at the office
-       He has black hair

c.       Menulis paragraf tentang Family Life sesuai media gambar
Contoh:
                                                                                                           
This is my family. I have father, mother and little brother. My father has brown hair. He is 35 years old. He works at the office. Beside him is my mother. She is 29 years old. She is a beautiful woman. I have a little brother. his name is Jack. He is very cute.




3.   Metode / Teknik  :   three phase techniques

4.   Langkah-Langkah :

a.      Kegiatan Awal/ Pembukaan (Opening  Activities)
1.   Siswa merespon salam guru
2.   Siswa merespon guru mencek kehadiran
3.   Guru memberikan small chat atau review pelajaran yang lalu
b.      Kegiatan Inti (Main Activities)
1.      Menuliskan dan menjelaskan kosakata dalam keluarga
2.      Membuat frase, kalimat sesuai dengan materi
3.      Membahas kata sulit
4.      Membahas struktur paragraf
5.      Menulis teks fungsional pendek tentang keluarga
c.       Kegiatan Akhir/ Penutup (Closing Activity)
1.      Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks
2.      Menyimpulkan materi pembelajaran
3.      Menugaskan siswa untuk menggunakan kata-kata yang sering digunakan dalam teks fungsional pendek.

5.   Sumber Belajar
ü  Buku teks yang relevan
ü  Gambar

6.   Penilaian
a.   Teknik             :           -   Menulis kata-kata sesuai tema
                                          -   Menulis paragraf sesuai gambar

b.   Bentuk                        :   Tertulis
c.   Instrumen        :
I.  Write down the vocabularies about Family Life!

1.      ......
2.      ......
3.      ......
4.      ......
5.      ......

II.  Write down the sentences about your family!

1.      ......................................................
2.      ......................................................
3.      ......................................................
4.      ......................................................
5.      ......................................................


III. Write down a paragraph about your family!
               ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

d.   Pedoman Penilaian
1.   Untuk nomor I, tiap kata yang benar diberi skor 1
2.   Untuk nomor II, tiap kalimat yang benar diberi skor 2
3.   Untuk nomor III, diberi skor 10
3.   Jumlah skor maksimal       I           1 x 5 = 5
                                                II         2 x 5 = 10
                                                III        1x10=10
                                                            Jumlah  25
4.   Nilai maksimal = 10
5.   Nilai siswa =         SkorPerolehan                  x  10
                                    SkorMaksimal

e.   Rubrik Penilaian

No.
Uraian
Skor
I
   Isi benar, tata bahasa benar
3

   Isi benar, tata bahasa kurang tepat
2

   Isi & tata bahasa kurang tepat
1

   Tidak menjawab
0
II
   Setiap jawaban yang benar
2

   Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
0











Mengetahui,                                                          Serang,  Juli 2013
Kepala Sekolah                                                     Guru Bahasa Inggris


..............................                                                Ovi Sovina Ekawati

comment