Rabu, 09 November 2011

RESENSI BUKU ILMU HADITS

RESENSI
ILMU HADITS


Disusun oleh :
Nama               : Ovi Sovina Ekawati
NIM                 : 102300914
Kelas               : TBI-C / II






INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SULTAN MAULANA HASANUDDIN
BANTEN
2010/2011


Judul Buku                  : Sejarah & Pengantar Ilmu Hadits
Pengarang                   : Teungku Muhammad Hasbi Ash Shiddieqi
Penerbit                       : PT. Pustaka Rizki Putra, Semarang
Tahun Terbit                : 1998 ( Cetakan kedua)
Nama Peresensi           : Ovi Sovina Ekawati

            Buku Hadits ini berisi tentang pengetahuan mengenai hadits mulai dari yang paling mendasar. Berikut ini merupakan isi pokok dari buku Sejarah & Pengantar Ilmu Hadis :
-      Riwayat perkembangan dan riwayat pembukuan hadis dari zaman ke zaman hingga sampai kepada masa terkumpulnya dalam “ Dewan- dewan Hadits” yang muktabar.
-      Macam-macam ilmu hadits dan sejarah perkembangannya.
-      Kedudukan hadits, sunnah, dalam bidang dasar syari’at, fungsinya, rutbahnya, manzilahnya, dari Al-Qur’an dan batas-batas penjelasannya.
-      Pokok-pokok ilmu musthalah ahli hadits, cara dan shigah hadits, sifat-sifat perawi yang diterima dan yang ditolak riwayatnya.
-      Sejarah ringkas dari pemuka-pemuka sahabat tabi’in perawi hadits dan ulama-ulamanya.


            Di buku ini terdapat banyak sekali kelebihan daripada kekurangannya. Menurut saya buku ini juga lebih unggul daripada buku hadits yang lainnya. Di sini di jelaskan mulai dari yang paling mendasar sehingga sangat cocok menjadi pedoman para pemula yang ingin mempelajari hadits. Tiap- tiap istilah berbahasa Arab yang sulit di mengerti orang awam seperti kata Atsar, Khabar, Maudu’ dan lain- lain di jelaskan cukup mendetail di buku ini. Terdapat pula cara memeriksa hadits yang sohih dan do’if, kitab- kitab induk hadits,  dan lain- lain. Isi buku ini amat lengkap tentang pengetahuan tentang hadis dari yang mendasar hingga yang cukup rumit, juga terdapat bagan tentang derajat hadits serta daftar istilah lainnya. Buku ini sangat cocok untuk di pelajari mahasiswa.


            Di buku hadits ini hampir tidak ditemukan kekurangan namun ada sedikit sekali kelemahan dalam penyusunannya. Dibagian daftar isi, sekilas amat rumit untuk mencari bab yang kesekian, harus dilihat lebih seksama lagi.

4 komentar:

comment